Pemutihan Gigi, Menanggulangi Hipersensitifitas Pasca Pemutihan Gigi

February 13, 2013

pemutihangigiPerawatan pemutihan gigi, bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat kita. Prosedur perawatan tersebut bertujuan untuk membuat tampilan gigi menjadi lebih putih dan bersih. Sehingga dapat menambah kepercayaan diri dalam hal penampilan. Namun yang harus kita sadari adalah side efek dari perawatan tersebut membuat gigi jadi lebih sensitive terhadap rangsangan suhu dan makanan asam.

Hal tersebut wajar terjadi, karena pada dasarnya prosedur perawatan pemutihan gigi adalah menghilangkan noda/stain yang menempel pada permukaan gigi, disini akan terjadi pergerakan cairan di dalam tubuli dentin antara kandungan air dalam gigi dan cairan whitening pada email gigi, pergerakan ini menimbulkan dehidrasi dan merangsang saraf gigi sehingga timbul sensitifitas. Jika kedua ikatan  (kandungan air dalamgigi dan cairan whitening) ini sudah stabil , sensitifitas akan hilang dengan sendirinya. Jadi sensitifitas ini tidak mempengaruhi ketebalan email gigi. Walaupun sensitifitas tersebut bersifat sementara, kalau tidak dilakukan penanggulangan dengan benar akan mengganggu kenyamanan penderita.

Tingkat sensitifitas gigi selama dan setelah pemutihan juga bersifat individual artinya setiap orang akan mengalami tingkat sensitifitas yang berbeda beda. Tergantung kondisi gigi dan jaringan rongga mulut penderita serta factor psikologis penderita. Untuk itu sebelum dilakukan perawatan pemutihan gigi, harus dilakukan pemeriksaan yang cermat kondisi gigi dan jaringan rongga mulut penderita baik intra oral maupun rongten foto. Pemutihan gigi/dental whitening hanya boleh dilakukan pada kondisi gusi dan gigi yang sehat, tidak boleh ada caries maupun penyakit periodontal.

Selain pemeriksaan tersebut diatas, sensitifitas setelah perawatan pemutihan gigi dapat diminimalisir dengan penggunaan pasta gigi desensitizing yang mengandung bahan potassium nitrat seminggu sebelum pemutihan gigi dan stelah pemutihan gigi sampai gejala hipersensitifitas hilang. Selain itu, juga digunakan bahan pemutih yang mengandung fluoride dan ACP (amorphous Calcium Phospat) yang secara klinis terbukti mampu mengurangi hipersensitivitas gigi selama dan pasca pemutihan/dental whitening.

Hormat Kami,

Darmawan Dental Cafe
Jl. Rungkut Asri Utara 2 No. 4 Surabaya.
(Belakang Pasar Soponyono Rungkut)

Hot Line Service 24 Jam Non – Stop:
Telp & WhatsApp:
Telkomsel: 081 217 217 840
E-mail: darmawandentalcafee@gmail.com

Kami Siap melayani konsultasi via phone atau BB 24 Jam NON STOP


Leave a Comment